Tip Bermain Sulap di Dalam Ruangan Indoor

Tip Bermain Sulap di Dalam Ruangan Indoor-Tentunya seorang pesulap harus memiliki skill sulap yang komplit, baik itu show saat out door maupun indoor Sebelum saya memberikan tips kepada Anda, saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya ketika melakukan sebuah pertunjukan di dalam ruangan. Ruangan yang saya maksud bukanlah ruangan yang memang sudah di buat khusus untuk sebuah pertunjukan, misalnya seperti gedung kesenian atau gedung teater. Ketika itu saya melakukan pertunjukan di sebuah ruang serba guna di sekolah saya. Tempat dimana saya berdiri dan melakukan pertunjukan ketika itu kurang kondusif. Banyak suara – suara bising yang keluar. dari mulut para penonton dan teman – teman saya, banyak orang yang lalu lalang ketika pertunjukan berlangsung, dan sebagainya. Jujur ketika itu saya cukup kesulitan menguasai dan mengendalikan suasana agar tetap kondusif, karena permainan saya ketika itu pun menuntut suasana yang kondusif dan tenang. Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca sebuah ebook dari Paul Daniels yang di dalamnya terdapat beberapa tips untuk melakukan pertunjukan di dalam ruangan agar tercipta suasana yang kondusif dan mudah untuk dikendalikan. Hal tersebut tentu membuat saya teringat pada pertunjukan saya ketika itu yang memang kurang memperhatikan dan mempersiapkan tempat yang akan saya gunakan. Tips yang akan saya bagikan pada Anda kali ini, mungkin akan sangat berguna untuk Anda yang sering mengadakan atau membuat acara pertunjukan sulap di dalam ruangan atau mungkin juga untuk Anda yang memiliki sebuah event organizer yang biasanya juga mengurusi tata ruang, desain panggung, dan sebagainya untuk sebuah acara. Berikut adalah 5 hal yang harus Anda perhatikan ketika akan mengadakan atau membuat show di dalam ruangan.

#1. Jarak Antara Panggung dan Penonton
 Tip Bermain Sulap di Dalam Ruangan Indoor

First, yang harus Anda perhatikan adalah jarak antara panggung atau tempat Anda melakukan show dengan penonton. Apakah pertunjukan Anda akan bisa dinikmati dari jarak jauh atau tidak, apakah properti yang Anda gunakan bisa dilihat dari jarak jauh atau tidak, semua harus Anda perhitungkan. Jarak penonoton yang dekat dan tidak terlalu memanjang ke belakang mungkin menjadi pilihan yang paling tepat. Untuk mengurangi kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, jangan letakkan penonton “mengelilingi” panggung atau mengelilingi tempat Anda berdiri ketika melakukan pertunjukan. Jika Anda memainkan permainan – permainan yang tidak menggunakan kecepatan tangan atau peralatan ilusi yang tidak boleh dilihat dari sembarang sisi, mungkin Anda aman. Tetapi jika Anda banyak bermain dengan kecepatan tangan Anda atau peralatan ilusi lain yang tidak memungkinkan untuk dilihat dari berbagai sisi, ada kemungkinan penonton yang kebetulan berada di posisi yang “menguntungkan” akan bisa melihat rahasia dan apa yang Anda lakukan. indoor

#2. Berhati – Hatilah dengan Cermin atau Kaca di Sekeliling Anda
Mirror atau kaca bisa menjadi seorang sahabat ketika Anda sebuah melakukan latihan di depannya, tetapi mereka akan bisa menjadi musuh apabila Anda melakukan sebuah pertunjukan dan Anda membelakangi sebuah cermin atau kaca.
Ketika Anda hendak mendirikan panggung atau sedang berada di atas panggung, berhati – hatilah dan tetap perhatikan semua kaca dan cermin di setiap sudut ruangan. Pastikan tidak ada cermin atau kaca yang memungkinkan trik Anda terbongkar karena terlihat dari kaca atau cermin tersebut.

#3. Jauhkan Panggung Dari Pintu Masuk
Jika memungkinkan, letakkan panggung agak jauh atau bersebrangan dengan pintu masuk. Jika acara tersebut termasuk acara yang formal, mungkin Anda bisa melupakan hal ini. Formal disini dengan artian, ketika acara dimulai pintu masuk otomatis akan ditutup dan tidak ada lagi yang boleh masuk atau keluar sampai acara selesai. Tetapi jika acara tersebut tidak formal, dan memperbolehkan seseorang untuk keluar masuk sesuka hati, pertunjukan Anda mungkin akan sangat terganggu. Misalnya seperti ini, panggung berada tepat di sebelah pintu masuk indoor, ketika Anda sedang melakukan pertunjukan tiba – tiba di pintu masuk ada seorang bapak yang bertabrakan dengan seorang bapak yang lain dan mereka berdua terjatuh. Sangat besar kemungkinan perhatian penonton pun akan beralih pada kejadian tersebut dan tidak memperhatikan pertunjukan Anda. Walaupun hal tersebut mungkin akan terjadi sebentar saja, tetapi momen tersebut juga bisa mengurangi “greget” dari permainan Anda.

#4. No Food No Drink
Sebuah pertunjukan ditambah dengan makanan atau minuman menurut saya akan menjadi sebuah pertunjukan yang kurang kondusif dan kurang nyaman. Sebagian besar orang mungkin akan jauh lebih fokus dengan makanan atau minumannya dibandingkan dengan memperhatikan apa yang Anda lakukan. Hal ini juga akan cukup merugikan Anda sebagai seorang entertainer yang sebenarnya “ingin ditonton” oleh orang – orang yang sedang makan atau minum tersebut. Lagipula bukan hanya Anda yang rugi, tetapi para penonton yang menonton pertunjukan Anda sambil makan atau minum pun akan rugi, mungkin mereka akan tersedak, makanan atau minumannya tumpah, dan sebagainya karena fokusnya terbagi. Jika memungkinkan, buat persetujuan dengan pihak yang terkait agar tidak memperbolehkan tamu atau penontonnya membawa atau makan dan minum ketika pertunjukan berlangsung.

#5. Tidak Ada Berisik
Pastikan pada acara tersebut tidak ada yang membawa terompet, atau properti lain yang bisa menimbulkan kebisingan yang berlebihan. Walaupun Anda menggunakan microphone, suara – suara bising tersebut tentu akan membuat apa yang Anda katakan kurang jelas dan penonton pun akan sulit mendengar apa yang Anda katakan. Jika acara tersebut adalah sebuah pesta ulang tahun dan para tamunya masing – masing sudah terlanjur membawa atau memegang terompet atau sejenisnya. Buatlah perjanjian dengan pihak terkait atau dengan para penonton agar tidak membunyikan benda – benda tersebut selama pertunjukan berlangsung agar pertunjukan tetap berjalan kondusif dan menghibur.
 
Tip Bermain Sulap di Dalam Ruangan Indoor-untuk Anda yang sering atau mungkin akan melakukan sebuah pertunjukan di dalam ruangan. Disini terlihat jelas, bahwa sebuah pertunjukan sulap bukanlah hanya tentang trik. Tetapi segala hal yang bahkan sebenarnya sangat sepele pun harus Anda perhatikan dan Anda persiapkan secara matang sebelum, selama, atau setelah pertunjukan, demi sempurnanya pertunjukan Anda. Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat untuk teman – teman pesulap seluruh Indonesia.